Tentang

Mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMA Negeri 1 Pekalongan untuk mendukung perkembangan siswa khususnya dalam berkarya dan berwirausaha seperti yang diinginkan pemerintah untuk terus menumbuhkan kreativitas siswa dan pengusaha-pengusaha baru di Indonesia, sehingga Indonesia bisa menyaingi bahkan melampaui negara-negara lain di belahan bumi ini.

Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Pekalongan sendiri diampu oleh dua orang guru, yaitu :

  1. Bp. Arofik Anwar (biasanya dikenal dengan nama Pak Rofik), dan
  2. Bp. Edi Susilo (Lebih dikenal dengan nama Pak Edus)

Kedua guru tersebut mengampu di kelas X dan XI sedangkan kelas XII untuk tahun ajaran 2014-2015 masih tetap dengan mata pelajaran TIK yang khusus diampu oleh Pak Rofik.

Blog ini sendiri merupakan blog mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang diampu oleh Bp. Edus, yang dikhususkan untuk siswa-siswi SMA Negeri 1 Pekalongan.

Dalam blog ini akan disampaikan semua hal yang berkaitan dengan mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Mulai dari rencana pembelajaran minggu yang akan datang, tugas (PR), kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh siswa-siswi, hingga materi pelajaran itu sendiri.

Karena materi pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk setiap sekolah berbeda-beda, Pak Edus tidak menganjurkan untuk siswa dari sekolah lain untuk mengikuti update perkembangan pembelajaran di blog ini. Namun kalau hanya untuk digunakan sebagai penambah wawasan/pengetahuan, maka Pak Edus menyarakan agar siswa dari sekolah lain dapat belajar dari berbagai sumber termasuk dari blog ini.


Materi Pembelajaran :

Kelas X : 

  • Semester 1 : Berkarya dengan menggunakan perangkat lunak pengolah grafis vektor (Corel Draw), dengan tugas akhir adalah mencetak design batik dalam kertas glossy (kerta foto) sebagai portofolio
  • Semseter 2 : Berkarya dengan menggunakan perangkat lunak pengolah grafis raster/bitmap (Adobe Photoshop), dengan tugas akhir adalah design batik yang telah dibuat di semester 1 untuk disempurnahkan di semester 2 untuk kemudian design tersebut dijadikan batik dalam kain atau media lain, sehingga siswa memiliki hasil karya nyata berupa baju batik, kain batik, hiasan berbatik, dan lain sebagainya yang bisa dibatik (tugas proyek perkelas). Batik ini akan diikutkan saat karnaval pekan batik tahun 2015 nanti.

Kelas XI :

  • Semester 1 : Berkarya dan berwirausaha dengan memanfaatkan media online. Siswa belajar dan berkarya membuat website sederhana, sebagai media pemasaran hasil karya kerajinan yang telah di buat di kelas X. Untuk tugas akhir ini siswa secara individu harus membuat website yang akan digunakan sebagai media pemasaran dan/atau promosi hasil karya mereka yang telah dibuat di kelas X
  • Semester 2 : Managemen produk hasil karya kerajinan. Siswa belajar bagaimana mengelola produk hasil karya kerajinan dengan menggunakan perangkat lunak pengolah data (database) agar siswa mampu membuat sendiri aplikasi databasenya serta siswa mampu mengatur sendiri usaha (produk) yang telah mereka hasilkan. Tugas akhir untuk materi ini adalah siswa secara individu harus membuat aplikasi sistem informasi pengelolaan produk berbasis database.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s